Pizza Roti Tawar

Pizza Roti Tawar by nisa tsvetkova
Jika kalian punya banyak sisa roti tawar dirumah yg tak termakan,,, jangan buru-buru dibuang dulu yak !!!
(dari pada mubadzir, alangkah lebih baiknya dibuat makanan yg enak agar nantinya anda bisa menikmatinya)
saya yakin ide ini bisa bikin menu harian anda lebih ceria dari biasanya, pasti semua kluarga pada suka.
Kayak saya hari ini,,,,istilahe ” eman-eman”
Pizza Roti Tawar by nisa tsvetkova
(Anak wedok lagi menikmati ” Pizza Roti Tawar”)

Kali ini roti tawar nya berhasil menjadi “Pizza Roti Tawar”
dan untuk toppingnya sendiri, teman-teman bisa berkreasi sesuka selera.
Saya beri contoh yaaaa,,,,untuk toppingnya , teman2 bisa menambahkan jagung manis pipil,kacang polong,irisan tomat, irisan baso ayam/sapi, pakai daging ayam/ daging sapi yg tlah diolah juga asyiiik.,,, suka-suka deeehhhh!!!
dan yg perlu diingat, jika oven anda memakai api atas dan bawah,,,,untuk “Pizza Roti Tawar “ sendiri saya sarankan menggunakan api atas saja dikarenakan bagian roti tawar telah matang, jika menggunakan 2 api maka, roti tawarnya sendiri akan garing,dan dalam beberapa menit bisa mengeras rotinya.
Pizza Roti Tawar by nisa tsvetkova
dan Bahan yg perlu disiapkan untuk “Pizza Roti Tawar” ini adalah:

Roti tawar
saus tomat/ teman2 yg ada di bulgaria bisa menggunakan Liutinitsa (sejenis saus tomat khas bulgaria)
Sosis ayam/ sosis jenis lain, potong bundar tipis/ potongkecil2 seperti korek api
1/2 bh paprika hijau potong tipis
1/2 bh bawang bombay ukuran kecil, potong tipis melingkar
keju kaskaval/keju kuning/keju chedar parut

Caranya:
-Oles bagian atas roti tawar menggunakan saus tomat/ liutinitsa
-beri topping, irisan sosis ayam,paprika hijau , bawang bombay dan terakhir parutan keju
-Panggang di oven dgn memakai api atas pada suhu 200*C selama 5-6 mnt, sampai keju benar2 meleleh dan berubah warna kecoklatan
-angkat dan sajikan untuk menu sarapan bisa,, bahkan buat  bekal untuk anak sekolah / piknik dan untuk teman nyemil pun asyiiik
Pizza Roti Tawar by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Cake Apel Cantik

Cake Apel Cantik by nisa tsvetkova
Bikin nama ini karena penampilan apel yg cantik, bagaimana menurut kalian?…semoga tertarik untuk mencoba karena bikinya gampanggggg BGT
Bikin yuuukkk!!!!

Bahan:
1 bh apel ukuran besar, potong tipis melintang tanpa mengupas kulitnya
3 bh telur ayam
250 ml susu cair
180 gr mentega, cairkan
1 sdt vanili bubuk/cair
340 gr gula pasir
440 gr tepung terigu+ 2 sdt tepung maizena + 1/2 sdt bakingpowder (campur menjadi satu dan ayak)
2sdm selai apel/selai dr buah lain, cairkan

Cara:
-Panaskan oven di suhu 160*C
-Masukkan telur ayam,vanila,mentega cair,gula dan campuran tepung trigu sekaligus ke dalam food processor/ mixer hingga tercampur rata, dgn kecepatan cepat
-Siapkan loyang bundar yg telah dilapisi kertas roti pada alas dan pinggiranya, lalu masukkan adonan
-Tata melingkar irisan apel diatas adonan
– Dan masukkan adonan dan panggang selama 60 mnt
-Angkat dan olesi bagian atas cake dgn selai yg telah dicairkan, lalu dinginkan
-Cake apel siap disajikan sebagai teman nge-teh kalian
Cake Apel Cantik by nisa tsvetkova
SELAMAT MENCOBA :)

Salad ” Tomat dengan Keju Putih”

Salad " Tomat dengan Keju Putih" by nisa tsvetkovaPanas-panas gini bawa’anya susah makan-makanan yg berat, ,,entah karena virus males atau karena hawa yg panas malah  maunya minuuum teruuuus sampai kelempoken (kekenyangan air).
Sampai pada dinner kali ini, kitapun makan cuma sama salad saja,..itupun kita sudah dibuat kenyang looo.
Naaaah,,,,,ini dia penampakan salad buat makan malam kami;Salad " Tomat dengan Keju Putih" by nisa tsvetkova
Sweegerrr banget saladnya, dan sangat cocok buat menu dieeet niiiihhhh,,,,mengenyangkan sekaligus kaya serat.
Untuk resepnya sangat sederhana:

Untuk 1 porsi

Bahan:
1 bh Tomat ukuran besar
100 gr keju putih, potong kotak kecil
3 lbr daun kemangi, potong kecil-kecil
50 ml olive oil

Cara:
-Potong bundar buah tomat, seperti pada poto diatas dan tata melingkang pada piring saji.
-Dalam mangkuk, campur olive oil bersama irisan daun kemangi, aduk rata
-Rendam potongan keju putih dalam olive oil tadi dan letakkan keju putih yg telah direndam diatas tengah-tengah tomat pada piring saji.
-Beri pucuk daun kemangi diatas keju untuk mempercantik sajian dan sajikan.
www.putriwarok.wordpress.com
(sehari bersama anak perempuan jalan-jalan ke taman)

SELAMAT MENCOBA :)

Chicken Tikka Masala

Tikka Masala by nisa tsvetkova
Mumpung hari ini libur,saya sengaja memasak ayam buat menu makan malam hari ini dan esok hari.
Alhasil olahan ayam ini menjadi menu khas India yakni “Tikka Masala”.
Sengaja saya memasak Tikka Masala ini daging ayam bersama tulangnya, karena lebih praktis menurut saya (saking malhallll beli dada ayam,,hi,,hi,,hi,,) *sambil ngeless
Saya yakin teman2 sudah  tidak asing lagi mendengarnya
Bagaimana kalo kita mencoba sama2 resepnya gampang poenya,,yg penting kudu ada 5 rempah, yakni: Ketumbar,Jinten,kunyit,bubukpaprika,bubuk cabe
Kaloupun ada 5 rempah tersebut,mau memasak menu india apa aja pasti lebih mudaaaah.
Yuk marii memasak bersama-sama dgn saya :)
Tikka Masala by nisa tsvetkova

Bahan rendaman:
1 kg daging ayam yg bertulang, potong perporsi
400 gr yougurt
1 sdt garam
1 sdt kunyit bubuk
2 sdt bubuk cabe (optional), penggunaan bubuk cabe saya hilangin karena suami saya tidak suka pedezz :D
2 sdt bubuk paprika merah
2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jinten bubuk

Cara:

-Cuci daging ayam hingga bersih dan campur dgn semua bahan untuk rendaman, dan rendam hingga semalaman dalam lemari es.
(Jika anda ingin masak cepat, cukup rendam beberapa jam lalu bisa diproses)
-Alasi loyang dgn aluminium foil dan panggang daging ayam rendaman tadi dalam suhu 200*C selama 25 mnt, dan angkat
Tikka Masala by nisa tsvetkova

Bahan untuk menumis:
1 sdt biji jinten
1 bh bawang bombay, potong kotak2 kecil
4 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sdt jahe bubuk
3 bh tomat,potong kotak2
100 ml tomat pure
1 sdt jinten bubuk
1 sdt bubuk cabe
2 sdt ketumbar bubuk
3 sdm whipped cream
4 sdm minyak sayur buat menumis

Cara:

-Panaskan minyak goreng dan masukkan biji jinten hingga melompat2 dan harum lalu tumis bawang putih,bawang bombay hingga layu dan harum -/+ 10 mnt
-Lalu masukkan potongan tomat,tomat pure, bubuk jahe,jinten bubuk,bubuk cabe,dan ketumbar bubuk, masak hingga potongan tomat benar2 layu
-kemudian masukkan daging ayam, dan masak hingga beberapa menit
-Terakhir, masukkan whipped cream dan aduk rata, masak beberapa menit dan angkat
-Sajikan Tikka Masala bersama taburan daun ketumbar/daun peterselie
my doughter, I love u

-SELAMAT MENCOBA-

Sushi

Sushi by nisa tsvetkovaIni adalah sushi perdana saya,,teng,,trenteng-teng,,,,,,,!!!!
Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan,Semoga lain kali bisa lebih bagus bentuknya ;)
Kali ini yg saya praktekkan adalah California Sushi Roll dan simple Sushi Roll.
Begini ceritanya:
Sushi by nisa tsvetkova

California Sushi Roll

Bahan:
1 lembar kulit Nori
150 gr nasi Sushi
2 bh potongan mentimun, yg dipotong memanjang menyerupai stik
2 bh iris tipis daging alpokat
2 bh Crab stik, cincang kasar
1 sdt mayones
1 sdt keju mascarpone
sejumput garam

Cara:
-Sebagai bahan isian crab: Didalam mangkuk kecil, campur potongan crab stik bersama mayoneskeju mascarpone dan sejumput garam,aduk rata
-Taruh kulit nori diatas bambu penggulung sushi dan kemudian letakkan nasi sushi diatas kulit nori,ratakan secara merata hingga kulit nori tertutup dgn nasi sushi
-Kemudian balik, sehingga posisi nasi ada dibawah dan sedangkan kulit nori ada diatas
-Tata isian crab,potongan mentimun dan daging apulkat diatas kulit nori memanjang, sepanjang kulit nori
-basahi ujung kulit nori dgn air matang secara tipis,dan dg bantuan cetakan bambu sushi,gulung berlahan-lahan dan tekan dgn hati2 agar sushi memiliki bentuk yg sempurna
-Lalu gulungkan sushi roll dalam taburan biji wijen hingga merata
-Dan terahir potong sushi roll menggunakan pisau tajam
-Sajikan

Sedangkan Simple Sushi Roll yg saya buat cuma berisikan stick crab,daging apulkat, mentimun dan wasabi,lalu gulung dan potong2 perporsi

Selamat Mencoba :)



Sushi by nisa tsvetkova

Nasi Goreng Jerohan (Ampela+Hati) Kambing

Nasi Goreng Jerohan (Ampela+Hati) Kambing by nisa tsvetkovaAduhhhh,,,harga kambing mahalll bangeeettttt,,,,,hu,,hu,,,hu,,,
Rencana mau beli daging kambing,,,eeeeh malah cukupnya di “njerohan” nya saja,,,Ya wes lahhhh,,,,apa  adanya saja :)
naseep,,,,,!!!
Tapi kok ladalah dapat ide bikin nasi goreng pakai njerohan kambing, ternyata endaaang bambang loooo!!!
Mari icip sama-sama man-teman :)
Nasi Goreng Jerohan (Ampela+Hati) Kambing by nisa tsvetkova
Nasi Goreng Jerohan (Ampela+Hati) Kambing

Untuk 2 porsi

Bahan:
1 cup jerohan kambing (ampela dan hati) yg tlah direbus dan dipotong dadu kecil
1 piring nasi matang
1 sdt curry powder
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm kacang polong
2 sdm wortel yg dipotong dadu kecil-kecil
1 batang daun bawang rajang kecil-kecil
merica,garam dan gula secukupnya
3 sdm minyak sayur

Cara:
-Panaskan minyak pada wajan, dan tumis bawang putih hingga harum
-Lalu masukkan wortel,kacang polong, daun bawang dan jerohan kambing, masak sebentar hingga wortel sedikit layu
-Tambahkan bubuk curry dan nasi,aduk hingga rata
-Tambahkan merica,garam dan gula secukupnya dan pastikan rasanya
-Tak perlu waktu lama,Masak beberapa saat sambil diaduk rata,dan angkat
-SajikanNasi Goreng Jerohan (Ampela+Hati) Kambing by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Cinnamon Bread / Roti kayu Manis

Cinnamon Bread / Roti kayu Manis by nisa tsvetkovaKali ini mertua punya stok bubuk kayu manis di rumah, Alhamdulillah saya dikasih 1 bungkus,,hi,,,hi,,hi,,rejeki nggak kemana.
Sebenarnya kayu manis dari mertua itu untuk obat darah tingginya, karena dokter dari mertua menyarankan setiap hari untuk mengkonsumsi yougurt yg dicampur bubuk kayu manis,,maka dari itu mertua tak henti-hentinya menyetok bubuk kayu manis,saking kebanyakan,,maka di kasihkan ke aku,,,lumayan buat bikin “Cinnamon Bread”
Dan sebagai gantinya saya membagi Roti ini pada beliau, karena dari sekian bahan saya mendapatkan 2 bh “Cinnamon Bread” karena saya menggunakan loyang yg ukuran kecil bisa dibilang

Bahan:
480 gr Tepung trigu, ayak
40 gr susu bubuk
50 gr gula pasir
1 bh telur ayam
11 gr Ragi bubuk
1 1/2 sdt garam
3 sdm minyak sayur
300 ml air hangat

bahan Isian:
2 sdm bubuk kayu manis + 2 sdm gula pasir, campur menjadi satu
2 sdm mentega yg tlah dicairkan sbg olesanCinnamon Bread / Roti kayu Manis by nisa tsvetkova

Cara:
-Dalam wadah besar, masukkan tepung trigu, susus bubuk, ragi bubuk,gula pasir dan garam,aduk rata
-Lalu buat lubang ditengah tepung, masukkan telur dan minyak sayur, lalu kocok rata dgn bantuan sendok makan.
-Kemudian tambahkan air secara bertahap, sambil menguleni dgn bantuan tangan hingga menjadi adonan yg kalis dan tidak lengket ditangan (uleni samapai 3-4 mnt hingga benar2 kalis)
-Bentuk bulat adonan dan taruh dalam wadah dan diamkan dalam suhu ruang yg hangat (kalo saya biasa saya simpan di dalam oven), diamkan hingga mengembang 2x lipatnya, kurang lebih 1 jam/ lebih
-Setelah adonan mengembang, taburi meja kerja dgn tepung trigu dan bagi adonan menjadi dua ( jika anda mempunyai loyang persegi panjang khusus untuk nge bake roti tawar, resep ini cukup untuk 1x saja, sedangkan loyang yg saya pakai adalah loyang persegi panjang untuk membikin cake untuk itu adonan saya bagi menjadi 2 bagian dan nantinya akan didapat 2 bh ” Cinnamon Bread”)
-Giling adonan menyerupai segi empat, dgn ketebalan adonan 1/2 ruas jari tidak terlalu tebal maupun tipis
-Dgn bantuan kuas, olesi bagian atas adonan dgn mentega cair setelah itu taburi bagian atas dgn campuran bubuk kayu manis dan gula pasir secara merata. Lalu gulung adonan memanjang
-Taruh adonan ke dalam loyang yg tlah dialasi kertas roti dan margarin di bagian dinding loyang,jagn lupa olesi bagian atasnya adonan dgn sisa margarin cair dgn bantuan kuas dan diamkan kembali hingga 1 jam/lebih hingga mengembang kembali
-Setelah mengembang, masak dalam oven selama 25-30 mnt pada suhu 160*C
-setelah benar2 matang, angkat dan dinginkan

NB :
-Jika adonan roti tidak bisa mengembang, maka roti tersebut bisa dianggap gagal dan agar ragi bisa aktif,gunakan air/susu yg benar2 hangat saat menguleni,dan setelah menjadi adonan harus didiamkan dalam suhu ruang yg hangat agar ragi bisa bekerja.
-Jika roti tersebut dibagian atasnya mengalami kematangan cepat/berubah warna dgn cepatnya, maka tutup bagian atasnya dgn aluminium foil agar kematangannya rata/tidak menyebabkan kegosongan di bagian atas roti nantinya.
-Dan jagn lupa, pelajari kematangan roti dgn bantuan tusuk gigi atau lidi, jika saat ditusuk hasilnya pada lidi kering maka roti tsb dalamnya telah matang jika sebaliknya maka masaknya kudu diterusin,agar dalamnya matang.Cinnamon Bread / Roti kayu Manis by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)