Dominican Stewed Chicken / Pollo Guisado

Dominican Stewed Chicken / Pollo Guisado  by nisa tsvetkova

Bagi pecinta daging ayam dimanapun anda berada, kini jagan bingung lagi mencari ide untuk mengolahnya,,,,karna disini saia akan share ke teman2, makanan enak yg pernah saia praktekkan dan yg paling penting saya yakin anda akan menyukainya :)
ha,,ha,,ha,,,seperti berita penting yaaak!!!
Kadang kala ada rasa bosennya juga dgn menu ayam yg itu-itu aja,,,,saking sering makan,jadinya lidah ini gimana giitu.
Mungkin teman2 agak asing dgn menu ini, tapi saya sarankan,,,”Anda semua perlu mencobanya!!!”
Dijamin rasanya “RAME pakai BANGET”,,,apalagi disajikan dgn nasi angeeeeettt,,,,,jaaaannn manteeeppp.
Dan jika teman2 disini tidak biasa memakan buah zaitun, maka bisa ditiadakan bahanya dan insyalloh tidak mengurangi rasa kok  :) (berharap dgn demikin bisa memudahkan teman2 untuk mencoba masakan dr Dominican,amerika latin)Dominican Stewed Chicken/ Pollo Guisado by nisa tsvetkova

Bahan:
1/2 kg daging ayam bagian apa saja, bersihkan dan potong-potong
1 bh bawang bombay, iris melintang
2 bh paprika merah/hijau, potong melintang
4 siung bawang putih cincang halus
3 sdm buah zaitun, saya menggunakan zaitun warna hitam
5 sdm tomat pure
2 sdt oregano
1 sdm minyak zaitun, jika tidak ada anda bisa menggantinya dgn minyak sayur
1/2 buah jeruk lemon,ambil airnya
3 sdt gula pasir
penyedap dan garam secukupnya
3 sdm minyak sayur buat memasak

Cara:
- Dalam wadah besar, masukkan daging ayam, bawang bombay,paprika,bawang putih,buah zaitun,tomat pure,oregano,minyak zaitun/minyak sayur, penyedap dan garam secukupnya, aduk rata dan diamkan selama 30 mnt ataou semalaman. (jika anda ingin tancap gas anda bisa mendiamkan beberapa menit saja)
-Dalam wajan/ panci juga bisa, panaskan minyak sayur dan taburi gula, masak hingga gula mejadi karamel (ini bertujuan agar daging yg dimasak nanti memiliki warna kulit yg khas coklatnya dan menjadikan rasa guriiih pada daging ayam nya)
-Setelah gula menjadi karamel, ambil daging ayamnya saja (bahan rendaman lain sisihkan sebentar) dan goreng diatas karamel tadi hingga daging matang dikedua sisinya dan berwarna kecoklatan
-Lalu masukkan sisa bahan rendaman bersama air jeruk lemon, aduk rata dan masak hingga daging ayam serta sayur rendaman benar-benar matang. angkat dan sajikan bersama irisan daun peterseliDominican Stewed Chicken/ Pollo Guisado  by nisa tsvetkova

by keluarga tsvetkovi(Alhamdlillah bisa bersilaturahmi dgn saudara kita yg di ravda)

SELAMAT MENCOBA :)

Ikan Tenggiri 3 Rasa (Pedes, Asam, Manis)

Ikan Tenggiri 3 Rasa (Pedes, Asam, Manis) by nisa tsvetkovaHmmmm,,,Yummy abisssss pokoknya, suami aja suka bangettttt
Jadi ingat kenangan 8 th yg lalu saat tinggal disurabaya, didaerah GT walk banyak penjaja makanan berjejer disana,suatu saat kita maen ke kafe,,,,kafenya keren banget pokoknya, mau makan ikan aja kita disuruh pilih ikan yg ada dikolam,lalu disaring,,jadi masaknya “live” disamping kita,,,suami sering nongkrong disana dan suka pesen Ikan goreng gurame asam manis.
dan Alhamdulillah hari ini ada rejeki untuk beli ikan,walau bukan ikan gurame yg kita impikan,,,,Tapi rasanya tak kalah sama kafe yg pernah kita kunjungi saat  itu.
Serasa berbulan madu,,, saat makan sambil mengingat-ingat kala itu.
Dan untuk teman2 yg kesusahan cari ikan tenggirinya,anda bisa menggantinya dgn ikan lain,,apalagi kalo ada ikan gurame,,,cucoook bangeeeeettt!!!!
Yuuuk masak yuuuuk!!!
Ikan Tenggiri 3 Rasa (Pedes, Asam, Manis) by nisa tsvetkova
“Ikan Tenggiri 3 Rasa (Pedes, Asam, Manis)”

Bahan Untuk ikan:
1 bh ikan tenggiri,bersihkan
3 sdm tepung maizena + 2 sdm tepung terigu
1/2 sdt penyedap rasa
Minyak banyak untuk menggoreng ikan

Caranya:
- Dalam wadah, campur tepung maizena, tepung trigu dan penyedap rasa,aduk rata
-Masukkan ikan yg telah dibersihkan tsb dan baluri dgn tepung hingga rata
-Panaskan minyak goreng dan goreng ikan tsb hingga matang dan garing.
-Angkat dan sisihkan.by nisa tsvetkova(Bunga pemberian dari tetangga di desa)

Untuk kuah 3 Rasa:
1-2 bh bawang putih, geprek dan cincang halis
1/2 bh bawang bombay,iris tipis melintang
1 ruas jahe,cincang halus
1 bh tomat, potong dadu
3 sdm daging buah nanas yg tlah dipotong dadu
5 bh – lebih cabe rawit cincang kecil2, bagi yg suka pedas bisa dilebihkan
2 bh cabe merah besar, iris melintang tipis-tipis
4 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram (optional)
200 ml air matang
garam dan gula secukupnya
3 sdm minyak sayur untuk menumis

Caranya:
-Panaskan minyak dan tumis, bawang bombay ,bawang putih,jahe, cabe rawit dan cabe besar hingga harum dan layu
-Masukkan saus tomat,saus tiram dan air aduk rata
-Lalu masukkan buah nanas, tomat,garam dan gula secukupnya dan masak hingga daging buah layu dan saus mengental dan sedikit asat
-Angkat dan sajikan dgn menuang saus tsb diatas ikan yg tlah di goreng tadi,
-Hiasi dgn irisan daun bawang/daun ketumbar diatasnya.

Ikan Tenggiri 3 Rasa (Pedes, Asam, Manis) by nisa tsvetkova
SELAMAT MENCOBA :)

Bhuna Masala & Roti Chappati

Bhuna Masala & Roti Chappati by nisa tsvetkovaJan Maknyus termaknyus-maknyusnya, ternyata makanan India manteb juga,,,asal bisa bikin sendiri dirumah lebih higienis kali yaaa,,,,maaf jadi ngemeng yg enggak-enggak,
Soalnya dapet cerita dari temen yg pernah ke india sana,sebelum berangkat pasti menyediakan obat untuk perut jika terjadi apa2,,
Waduuh,,pikiran saia sudah sampai kemana-mana saat itu,,,apalagi saia sendiri pecinta kuliner masakan,pengenya nyoba melulu hal baru.
Tapi saia rasa, tak perlu takutlah teman2 semua,,,jikapun akan berkunjung disana ya perlu pinter2 aja cari tempat untuk makan,yg bersih dan yg baik
(Padahal saia sendiri aja blom pernah sekali ke india sana),,Berharap semoga suatu saat ada umur panjang dan kesehatan serta rejeki banyak bisa bertandang di sana,,,amin YRA
ngemeng-ngemeng kita kembali ke pokok permasalahan yakni Resep yg akan saia bagikan kali ini,resep gampang,praktis dan cepat,,,monggo disimak sama-sama:)

“Bhuna Masala”

(Untuk 2–3 porsi)

Bahan:
1/2 kg Daging ayam bagian apa saja
15 bh cabe merah besar buang isinya,rebus hingga layu,dan tiriskan
3 siung bawang putih
2 sdt garam masala
1/2 cup yougurt
garam dan gula secukupnya
3 sdm minyak goreng
irisan daun petterseli secukupnya, buat taburan

Cara:
-Haluskan cabe merah bersama bawang putih dan garam masala hingga lembut, setelah lembut taruh dalam wadah besar
-Lalu ambahkan yougurt, garam dan gula aduk rata
-Masukkan daging ayam seketika dan aduk hingga ayam berlumur adonan yougurt, diamkan hingga 2 jam/lebih dalam lemari es
-Setelah 2 jam, panaskan minyak sayur dan goreng daging ayam beserta bumbunya tersebut hingga benar2 matang dan meresap/ kuah asat
-Angkat dan sajikan dgn taburan daun peterseli diatasnya dan disajikan bersama Nasi atau Roti Chapatti sebagai pendampingnya.

Bhuna Masala & Roti Chappati by nisa tsvetkova
dan untuk resep Roti Chapattinya adalah:

“Roti Chapatti”

(menghasilkan  4 bh Roti Chapatti)

Bahan:
60 gr tepung trigu
sejumput garam halus
75 ml air hangat
1 sdt minyak sayur

Cara:
-Dalam wadah, campur tepung trigu bersama garam,aduk rata
-Kemudian masukkan air hangat sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga menjadi adonan yg kalis dan dapat dibentuk
-Tahap terakhir, beri sedikit minyak dan uleni sekali lagi hingga menjadi adonan yg tidak lengket ditangan,bentuk bulat dan diamkan beberapa saat
-Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata dan bentuk bulat disetiap adonan
-Pipihkan dgn bantuan tangan dgn cara menekan sedikit (bertujuan agar saat digiling nanti berbentuk bulat/ tdk berubah bentuk) dan taburi meja kerja dgn tepung trigu lalu pipihkan adonan dgn penggilingan kayu, jgn terlalu tipis dan jgn terlalu tebal saat menggilingnya
-Panaskan teflon di medium heat, dan panggang Roti Chapatti diatasnya hinga berubah warna dan menggelembung lalu balik
-Jika dirasa matang,angkat
-Sebelum disajikan olesi mentega diatas roti chapatti selagi panas,
-Roti Chappati siap disajikan
Bhuna Masala & Roti Chappati by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Korean Beef

Korean Beef by nisa tsvetkovaDisini ada yg suka dgn film korea?… dan apa teman2 juga suka dgn makanan khasnya?…pernah icip2 barang kali?…
Kali ini saya akan sharing makanan khas korea yg simple banget dan cepat untuk disajikan.
Saya yakin anda pasti tertarik dgn rasanya.
Dan apa saja yg perlu kita siapkan kali ini, yuuuk langsung tancap gas didapuuur,mariiiiii :)
Korean Beef by nisa tsvetkova
Untuk 2 porsi

Bahan:
125 gr daging sapi giling
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt jahe, geprek lalu cincang halus
2 sdm kecap asin
dark soya sauce secukupnya (3 tetes)
1 sdt minyak wijen
3 sdt gula
1/2 sdt cabe kering giling kasar
1 batang daun bawang, iris tipis
1/2 sdt biji wijen, buat taburan
2 sdm minyak sayur

Cara:
-Panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih beserta jahe hingga harum
-Kemudian masukkan daging giling, masak hingga berubah warna dan menggumpal
-Lalu tambahkan kecap asin, dark saoya sauce,minyak wijen, gula dan cabe kering, masak hingga semua bahan tercampur rata, masak hingga beberapa menit sambil diaduk
-Dan terakhir, matikan api dan selagi panas tambahkan daun bawang dan aduk hingga rata
-Sajikan bersama nasi hangat dan taburan biji wijen diatasnyaKorean Beef by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Puding Lapis Agar-agar Merah Merona

Puding Lapis Agar-agar Merah Merona by nisa tsvetkova

Lebay yak!!! namanya saja “Puding lapis agar-agar merah merona”,,,bagaimana tidak, dari warna nya saja merona sangat.
Suamiku saja habis 4 gelas, kalo anak saya yg perempuan habis 2 gelas barusan.
bagi teman2 yg ada di bulgaria, mungkin sudah tidak asing lagi dgn bahan2 yg saya pakai untuk membuat puding lapis agar-agar kali ini.
ini dia bahan yg saya gunakan:Puding Lapis Agar-agar Merah Merona by nisa tsvetkovaDan teman2 bisa juga menggunakan rasa apa saja dgn tambahan buah sesuka selera masing2

Bahan Puding (lapisan dasar):
2 bungkus puding bubuk merk BIOSET, rasa redberry bisa juga rasa strowberry @ 60 gr
1200 ml susu cair
200 ml susu cair sebagai pelarut puding
400 gr gula pasir
1 bh apel,kuliti dan potong tipis-tipis

Cara:
-Larutkan puding bubuk dan gula pasir kedalam air susu, aduk hingga gula larut
-Masak susu cair hingga mendidih, kemudian masukkan larutan puding,aduk hingga terus menerus dan puding mengental, lalu angkat dan diamkan selama 10 – 15 mnt
-Setelah agak dingin, tuang 2 sendok sup kedalam gelas, sisakan tempat untuk lapisan berikutnya, dan dinginkan
-Setelah dingin, beri bagian atas puding dgn irisan buah apel tata hingga menyerupai kipasPuding Lapis Agar-agar Merah Merona by nisa tsvetkova

Bahan agar-agar (lapisan atas):
2 bungkus agar-agar merah, saya menggunakan merk STILLA dolce,toping merah untuk kue tart @ 12 gr
200 ml air matang
150 gr gula pasir

Cara:
-Larutkan 2 bungkus agar2 bubuk dan gula pasir kedalam air matang, lalu masak dan aduk terus menerus hingga larutan mengental,angkat da dinginkan selama 1 mnt saja
-Tuang lapisan agar-agar diatas irisan buah apel, -/+ 2 sdm saja dan dinginkan sebelum disajikanPuding Lapis Agar-agar Merah Merona by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Винен кебап / Wine Kebab

Винен кебап / Wine Kebab by nisa tsvetkovaDulu waktu pertama kali datang di bulgaria,sempet bingung dgn makanan, mau masakpun susah dgn bumbu2 yg tak aku punya,,,sampai suatu saat kudu icip2 makanan bulgaria dari pada kelaparan disini.
Dari warung ke warung akhirnya paling sreg dgn menu ini, setiap kali datang di warung yg sama selalu pesan ini niiii “Vinen Kebab/ Wine Kebab”,,soalnya menu ini selalu disajikan dgn nasi putih ditengahnya
namanya saja orang indonesia, perut-perut nasi,,,ha,,ha,,ha,,
Diwarung situ, “Vinen Kebab”nya menggunakan daging kambing,,aroma dagingnya khas bangetttt,,,,tapi tak jarang pula dijumpai “Vinen Kebab” disajikan dgn daging sapi,daging kelinci dll
Dari pada penasaran dgn rasanya, yuuk buat sendiri yuuukk!!!
saya yakin suami n anak2 pasti suka :)Винен кебап / Wine Kebab by nisa tsvetkova

Bahan:
1 kg daging sapi/kambing, potong kotak 2 ukuran kecil
1 bh bawang bombay besar, rajang halus
200 ml Red Wine
100 gr tomat pure
1 sdt biji merica hitam
2 bh daun salam
garam,gula ,merica bubuk dan penyedap secukupnya
4 sdm minyak sayur buat menumis
1,5 ltr air matang
larutkan 2 sdt tepung trigu dgn sedikit air,hingga mengental
daun peterseli buat taburan

Cara:
-Panaskan minyak dalam panci, tumis bawang bombay, daun salam dan biji merica hingga harum dan layu
-Masukkan daging dan aduk beberapa saat, lalu masukkan tomat pure,red wine,air ,garam,gula, merica bubuk dan penyedap
-Masak hingga daging benar2 matang dan empuk
-kecilkan api dan tuang larutan tepung trigu,aduk rata hingga kuah sedikit mengental,didihkan sebentar dan angkat
-Sajikan bersama nasi hangat dan taburan daun peterselli diatasnyaВинен кебап / Wine Kebab by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Hati Ayam Panggang dgn Saus Mustard

Hati Ayam Panggang dgn Saus Mustard by nisa tsvetkovaIni bisa dibilang cemilan kesukaan saia,cemilan jerohan ayam,,dimakan dgn nasi anget plus lalapan sambel bisa,,,dimakan dgn roti bisa,,dimakan gitu aja juga bisa,,ha,,ha,,ha,,
nggk tau kenapa saya suka sekali njerohan ayam
dimasak apa aj bisa lo,apalagi ini saya kadung males pakai bangettttt
cuma nemu saus mustard botolan,akhirnya jadi ini deh
Jangan salah lo,,,walau cuma bembumbu saus mustard,ternyata rasanya makin laiiin loo,,,guriiih,,,jahan yg jussy gimanaaaa gituuu
Penasaran???…
Ini dia bahan yg diperlukan:

Bahan:

1 kg Hati ayam
3 sdm saus mustard
1/2 sdt garam
3 sdm minyak sayur

Cara:

-Dalam wadah, campur semua bahan menjadi satu,dan diamkan beberapa menit
-Pindahkan dalam loyang pyrex atau sejenisnya dan panggang dalam oven di suhu 200*C selama 40-45 mnt/sampai matang
-angkat dan sajikan.

SELAMAT MENCOBA :)