Spagetti Petersilie Pesto

Spagetti Petersilie Pesto by nisa tsvetkova

I LOVE PASTA,,,,,apapun jenis pastanya,saya sukaaaaaaaaaaaa!!!!
bagaimana dengan anda?….
Kali ini saya membuat pesto dgn bahan yg ada di rumah, saking cari pine nutsnya mehooong boooo!!!
ya wes lah, pakai kacang kenari saja
eeehhhh,,,ternyata endanggggggggg.
Menikmati sepiring spageti pesto serasa ada di itali,,mama miaaaaa!!!!
intip resepnya disini yuuuk!!

Spagetti Petersilie Pesto by nisa tsvetkova

Untuk 2 porsi

Bahan:
250 gr Spagetti
2 ikat daun patersilie, ambil daunnya saja
1/2 bh jeruk lemon,ambil airnya
1 genggam kacang kenari
2-3 siung bawang putih
100 ml olive oil
garam dan merica secukupnya
keju parmesan parut

Cara:
-Cara membuat pesto: Dalam mixer, masukkan daun peterselie,air jeruk lemon, kacang kenari,bawang putih,olive oil,garam dan merica, mixer hinga lembut, sisihkan
-Didihkan 1 1/2 ltr air,kemudian masukkan 1 sdt garam dan rebus spageti hingga al dente, angkat dan buang airnya
-Campur pasta tersebut dgn 4 sdm pesto,aduk rata isa Pesto anda bisa simpan di dalam lemari pendingin/ anda juga bisa gunakan sebagai dressing untuk salad)
-Sajikan pasta linguine dgn taburan keju parmesan diatasnya

Spagetti Petersilie Pesto by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Appetizer dari Keju Cottage dan Kenari

Appetizer dari Keju Cottage dan Kenari by nisa tsvetkova
Kali ini saya bikin appetizer yg nggk kalah simple nya,,,,
Apalagi appetizer ini bagus buat sajian kalo ada tamu/party dirumah
Ini sangat cocok buat teman minum kalian
Jika kalian para pecinta keju cottage tertarik untuk mencoba,saya yakin resep ini dapat menjadi inspirasi bagi kalian.
Appetizer dari Keju Cottage dan Kenari by nisa tsvetkova

Bahan:
100 gr cheese cottage
50 gr kenari/ walnuts, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm irisan daun peterselie
garam dan merica secukupnya
3 bh roti tawar, cetak bundar seukuran bibir gelas wine/sepergi gambar diatas
minyak zaitun, secukupnya

Cara:
-Setiap potongan roti tawar olesi bagian atasnya dgn olive oil secara merata, dan panggang selama 10 mnt, di suhu 200*C, angkat dan dinginkan
-Dalam wadah, campur cheese cottage, kenari cincang, bawang putih, irisan daun peterselie,garam dan merica, aduk rata
-Dgn bantuan sendok bulat/sendok buah juga bisa, cetak campuran keju tsb dan taruh disetiap roti yg tlah di panggang tadi
-Sajikan dgn daun peterselie diatasnya, sebagai pemanis sajian.
carving by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA :)

Ayam Panggang Mayones

Ayam Panggang Mayones by nisa tsvetkova
Pernahkah anda mencoba ” Ayam Panggang Mayones”????…
hidangan yg satu ini pantas untuk teman2 coba dirumah,saya yakin semua kluarga pasti suka, percaya deh sama saya :)
Selain bikinnya super gampang,,,ternyata bahanpun mudah didapatnya.
Kata Gus Dur, MAU MAKAN ENAK KOK REEEEEPOOOOOT !!!
nahhh,,,jika teman tidak mau repooot juga, coba yuuk ayam panggang yg satu ini ;)
Ayam Panggang Mayones by nisa tsvetkova
Untuk 3 porsi

Bahan:
3 bh paha ayam / bisa juga bagian apa saja, cuci bersih dan sisihkan
100 gr mayones
1/2 bh buah lemon,ambil airnya
garam dan merica secukunya
4 sdm olive oil

Sayurnya:
2 bh kentang, kuliti dan potong bundar melintang
1 bh wortel ukuran besar, kuliti dan potong menyerong

Cara:
-Dalam wadah, bumbui daging ayam dgn garam, merica dan air dari buah lemon. diamkan beberapa menit
-Lalu tambahkan mayones, aduk rata hingga semua bagian daging ayam berbalur mayones secara merata
-Dalam loyang taruh aluminium oil sebagai alasnya dan tata irisan kentang dan wortel secara merata.
-Setelah itu letakkan daging ayam yg berlumur mayones tadi diatas sayur tersebut.
-Sebelum dipanggang, tuang secara merata olive oil diatasnya
-Panggang dalam oven, di suhu 200* C sampai ayam matang dan daging ayam berubah warna, jika perlu balik bagian ayam juga agar lebih krispy rasanya
-Angkat dan sajikan, disini saya menaburkan irisan daun peterselie diatasnya.

Ayam Panggang Mayones by nisa tsvetkova
Mudah bukan :)

Ayam Panggang Mayones by nisa tsvetkova
(Kulit tomat pun juga bisa cantik looo :) )

SELAMAT MENCOBA :)

Roti Sobek

Roti Sobek by nisa tsvetkova
Hasil ublek-ublek tepung hari ini  adalah “Roti Sobek”
Ternyata manteb tenan disandingkan sama teh hangat,,,perut aye jadinya angeeeettt ngeeeet
seanget hatiku :D ciyeeeeeeeeeeeeee
eehh anak-anak pada suka,,,suka sama isianya yg macem-macem,,,,,aduuh senangnya :)
wess nggk bisa berkata-kata lagi,,liat mereka senang,sayapun turut senang
Biar teman2 juga senang, saya ingin share resep “Roti Sobek” yg telah bikin orang rumah turut senang
Roti Sobek by nisa tsvetkova

Bahan :
500 gr tepung terigu
150 gr gula
100 gr mentega, cairkan
11 gr ragi instant
½ sdt baking powder
4 btr kuning telor
175 ml susu cair hangat/ air hangat
½ sdt garam

Isian:
Potongan dark chocolate,aneka selai/isian bisa sesuka selera masing-masing

Olesan:
mentega cair

Taburan:
gula pasir

Cara:
-Campur semua bahan kering, kecuali gula pasir.aduk rata
-Dalam wadah, campur susu cair dgn gula,aduk hingga gula larut (disini saya tambahi sedikit parutan kulit  jeruk, biar wangi)
-Buat lubang pada tepung, masukkan telur dan mentega,,,aduk rata.
-Lalu tambahkan susu hangat tadi bersama mentega,aduk rata hingga dgn bantuan tangan hingga adonan benar2 kalis dan tidak lengket ditangan.
-Diamkan adonan dalam suhu ruang hingga mengembang sempurna.
-Kini adonan siap dibentuk dan diisi menurut selera masing-masing. dgn cara mengambil segenggam adonan dan pipihkan kemudian isi dgn isian dan tutup kembali/rekat hingga menjadi bola2
-Tata dalam loyang yg tlah dialasi kertas roti sedemikian rupa, lalu beri olesan diatas adonan yg berjajar dan beri taburan gula seketika
-Diamkan adonan sekali lagi dalam suhu ruang hingga mengembang 2x lipatnya
-Panaskan Oven dalam suhu 180* C dan panggang selama 15-20 mnt
-Angkat dan dinginkan
-Sajikan bersama teman minum teh anda dan kluarga tercinta
Roti Sobek by nisa tsvetkova
Nah,,,,mudah bukan bikinnya?…  semoga resepnya dapat membantu teman2 semua :)
carving by nisa tsvetkova
(Kentangnya sebelum dimasak di carving dulu,,,cihaaaaa)

SELAMAT MENCOBA :)

PATATNIK

PATATNIK by nisa tsvetkova
“Patatnik”
merupakan salah satu makanan khas Bulgaria, enak,,,kayak omlet
Saya rasa di tempat teman2 mungkin memiliki makanan dgn bentuk ,dan bahan pembuatan yg sama dgn “Patatnik” ini
kalo boleh tau nama nya apa ya??/!!!,,,,,biar saia tambah ilmu :)
kalo orang sini makan itu saja seperti menu utama loo,,,,kalo di tempat kita sebagai lauknya,,ha,,ha,,ha,,belom nanti sayurnya,,haduuuuhhhh
Saya aja ini makan “Patatnik” sama nasi looo teman-teman :D
Ennnnaaaak,,,apalagi kalo ada saus sambel yaaaa,,,huuuuhhh nikmat deh
Buat teman2 yg suka gorengan,,,,monggo,,yukk bikin,,,,apalagi bikinya gampang pula
Selamat mencoba :)

Bahan:

5 bh Kentang,kuliti dan sisihkan
2 bh telur ayam ukuran besar
100 gr keju putih
1/2 genggam daun spearmint, rajang halus (di Bulgaria sendiri disebutnya “Джоджен” / Djodjen)
garam secukupnya
125 ml minyak sayur

Cara:
-Parut kentang dgn menggunakan parutan keju, lalu peras hingga kluar air dan sisihkan parutan kentangnya.
-Dalam wadah masukkan kentang tadi dan campur dgn telur ayam,keju putih,irisan daun spearmint (Джоджен) dan garam,aduk rata
-Dalam teflon, panaskan minyak dan goreng adonan kentang dalam api kecil selama 10 mnt lalu tutup teflon dgn penutup, lalu balik dgn bantuan piring kemudian goreng kembali selama 8 mnt tanpa penutup
-Angkat dan sajikan
PATATNIK by nisa tsvetkova
Note: Jika teman2 kesulitan untuk menemukan “Spearmint/ Джоджен / Djodjen” anda bisa menggantinya dgn daun mint ataou jika tidak ada bisa menggunakan daun bawang atau bisa juga daun peterselie
carving by nisa tsvetkova
(lagi kegatelan dgn carving,,,harap maklum ya teman-teman,,,pengen sharing dgn bentuk2 nya, semoga teman2 semua tidak jenuh melihat hasil carving saya,,,,selamat beraktivitas :)

SELAMAT MENCOBA :)

Kentang Keju Panggang

Kentang Keju Panggang by nisa tsvetkova
Saya berani menjamin 100% ,,,,teman2 semua bakal menyukai rasanya.
Maaaak Nyusssssss pakai bangeeeeeeet!!!!
Jangan dilihat dari penampilannya,,mungkin di poto ini  agak kurang sregg atau ragu2 dgn rasanya…sekali anda mencoba bakal ketagihan untuk menghabiskan semua,,,dijamin deh !!!
Suami dan anak-anakku semua pada suka,,hampir-hampir loyang buat masak kentang bersih-sih,,,benerr!!!
Dan ini sisanya,,,tak jepret aja :)
Kentang Keju Panggang by nisa tsvetkova
Untuk bahanya sendiri gampang didapat, rasa keju dan creammy nya sangat kental banget,,,dan itu yg menjadikan masakan ini yummy, guriiiih dan mengenyangkan.
Saya yakin teman2 pasti suka!!!
Berani coba?!!,,,saya tantang kalian untuk mngicipinya :)
dan Ini resepnya:

(Untuk : 4 Porsi)

Bahan:

1 kg Kentang,kuliti dan potong2 ukuran besar, cuci bersih dan sisihkan
100 gr Mentega
50 ml minyak sayur
300 gr sour cream
200 gr keju kuning/ keju chedar parut
2 batang daun bawang, potong halus
irisan daun peterselie secukupnya
1 blok maggi rasa apa saja/ penyedap merk apa saja
garam secukupnya

Cara:

-Dalam loyang, masukkan kentang, beri garam,minyak sayur dan mentega,aduk rata
-Lalu panggang dalam suhu 220″C selama 35 mnt
-Dalam wadah, masukkan sour cream, parutan keju,irisan daun bawang dan peterselie serta penyedap/1 blok maggi rasa apa saja, campur menjadi satu
-Setelah 35 mnt, angkat sebentar kentangnya dan tuang campuran keju diatasnya secara merata, dan panggang kembali dalam oven selama 25 mnt’an / selama bagian atas kentang mulai berubah warna menjadi kuning keemasan.
-Angkat dan sajikan ( kali ini saya sajikan dgn taburan irisan daun bawang)
kentang keju panggang by nisa tsvetkova
kentang keju panggang by nisa tsvetkova
(Bikinya malem2,motonya pagi ini,,,,kliatan kalo apelnya cepet menghitam,tapi nggk apa2 yak!!! )

SELAMAT MENCOBA :)

French Fougasse with Rosemary & Olive

French Fougasse Rosemary & Olive by Nisa Tsvetkova
Pas kebetulan dirumah tidak ada roti tawar,,telur ayam pun nggk punyaa…,trus kantong kering pula,,,susyaaaah deh jadinya, :(
mau nggk mau bikin roti sendiri buat makan kluarga kami, untung roti Fougasse ini tidak memakai telur saat pembuatanya,,lebih ekonomis kayaknya :D
Maklum teman’s, Kalo di sini Roti tawar sudah menjadi makanan pokok sehari2 kami,,,khususnya suami dan anak2,
Pernah juga saya masak nasi, tapi tidak sering,,,bukan karena apa, karena yg makan cuma saia aja,,,anak2 dan suami malah milihnya roti,,,hmmmmm
sudah nanak nasi banyaaaaak,,,akhir-akhirnya kebuang sia-sia karena berlama2 di lemari es,menjamur akhirnya
Hari ini, syukur Alhamdulillah ada tepung trigu di dapur,,,,langsung sikat aja.
Akhirnya hasil ngubleg tepung kali ini,,,,,ini diaaaaaa!!! ;
French Fougasse Rosemary & Olive by Nisa Tsvetkova

Jadinya banyak, yg makan bingung milihnya,,mau ngawali yg mana :D hi,,hi,,hi,,
Dalemnya roti ada irisan olive dan Rosemarry,,,,makanyaaaa roti ini memiliki khas aroma yg berbeda.
hmmmmm,,,,,cantik ya rotinya, mirip daun :)
French Fougasse Rosemary & Olive by Nisa Tsvetkova
Untuk bahan2 yg perlu disiapkan:

Bahan:
1 kg tepung trigu
42 gr Ragi kotak/ bisa menggunakan ragi bubuk
2 sdm gula
2 1/2 sdt garam
750 ml air hangat
100 ml olive oil
2 cup irisan olive
1 batang rosemarry,ambil daunya dan rajang halus
French Fougasse Rosemary & Olive by Nisa Tsvetkova

Cara:
-Dalam mangkuk sup, ambil 3 sdm tepung trigu,ragi dan 2 sdm gula, aduk rata.
Lalu beri air hangat secukupnya hingga membuat adonan yg sangat kental, sisihkan dan diamkan dalam suhu ruang hingga adonan naik/mengembang
-Dalam wadah besar, masukkan sisa tepung trigu dan garam,aduk rata
-Bentuk lubang pada tepung trigu dan masukkan adonan ragi yg telah mengembang. dan uleni dgn menambahkan air hangat dan minyak zaitun secukupnya. uleni hingga menjadi adonan yg kalis dan tidak lengket ditangan.
-Diamkan adonan selama 30 mnt/1 jam dalam suhu ruang hingga mengembang 2x lipatnya.
-Setelah mengembang, campur adonan dgn irisan olive dan rosemarry, uleni hingga adonan tercampur rata.
-Bagi adonan menjadi 6 bagian, perbagianya pipihkan dgn bantuan rolling pin (tidak terlalu tebal maupun tipis) ,,jika lengket beri tepung trigu saat me rooling nya :D,,,biar tidak lengket dan dgn bantuan pisau, iris memanjang dibeberapa bagian adonan hingga menyerupai serabut daun, lalu renggangkan/tata
-Panggang dalam loyang/ bisa beralaskan kertas roti selama 25 mnt di suhu 200*C hingga berwarna kecoklatan.
-Angkat dan sajikan :)

Note: Jika teman2 semua ingin membuat sedikit/ beberapa Fougasse saja, untuk resep ini takarannya anda bisa kurangi/ dibagi 2 saja, gampang yak!!!
carving by nisa tsvetkova
(ini cerita pas saya minta tolong pada anak laki2 saya untuk megangin hasil carving mamaya biar nggk ngglunduuung,,eh apa ya bahasa indonesianya,,eh,,,lupa saia,,,biar nggk jatuh deng)
carving by nisa tsvetkova
(Akhir’e papa’e nggk mau ketinggalan narsissss,,,sampai kepegelen/kecape’en senyum, la soale yg moto minta exsen lagi,,lagi,lagi dan lagi,,ha,,ha,,ha,,Mnogo te obhicam siskoooooo!!!! )

SELAMAT MENCOBA :)