Sarden Kemangi


Sarden Kemangi

Aneh kan ya namanya?.. tapi rasanya,,,hhhmmmhmmmm,,,beraroma sekali,dgn aroma khasnya daun kemangi
Daun kemangi biasa digunakan sebagai lalapan dan bahan pelengkap membuat aneka pepesan ikan dsb
Jangan heran karena ke khas’an aroma nya, daun kemangi memiliki kaya khasiat dan manfaat, salah satunya dapat mengurangi bau badan,keringat dan bau mulut


Saya memang pecinta daun kemangi sampai-sampai di kampung halaman,pekarangan belakang rumah penuh dgn tanaman kemangi
kemaren hari saat blanja saya membeli sarden kaleng kecil seberat 160 gr,dan dalm beberapa haripun belom saya olah. akhirnya dgn keterbatasan bahan dan hanya daun kemangi yg tersisa, saya menambahkn daun kemangi didalamnya


benar2 saya tidak menyesal mengolahnya,,,rasanya saya acungin jempol,,,enak,pedes dan beraroma
agar teman2 tidak penasaran,untuk rasa dan cara pembuatanya, yuuk saya awali dgn resepnya

Bahan:
160 gr Sarden ikan
1 ikat daun kemangi,ambil daun nya
4 siung bawang putih,rajang tipis-tipis
6-lebih cabe merah besar (jika suka pedes bisa dilebihkan),potong serong
200 ml santan kental + 100 ml air
garam dan penyeda secukupnya

Cara:
-Tumis bawang putih hingga harum bersama cabe merah dgn sedikit minyak
-Masukkan daun kemangi,sarden beserta santan,garam dan penyedap,aduk hingga rata
-masak hingga matang dan mengental,angkat
-Sajikan bersama nasi hangat

Mudah Bukan🙂

Tinggalkan Balasan

