LENTHO

lentho by nisa tsvetkova

Kangen sekali dgn lentho yg satu ini,kalo didesa mending beli daaahhh sama pecel-pecelnya, saking saya tinggal  jauuuh dari temat tingal saya,,akhirnya bikin sendiri daaaahhhh

lentho by nisa tsvetkova

Lentho ini merupakan sejenis lauk dan makanan khas dari Jawa Timuran, dgn rasanya yg khas yg terbuat dari ketela dantolo/kedelai merah/ada toge kedelainya yg mantaps banget disajikan sebagai lauk pecel dan lontong balap,,,,,, hmmmmm guyiiiiih sedapppssss

Saking kangennya saya membuat lentho ala kadarnya dan tak se-asli lentho di desa saya,tapi rasa mantep braaaayyyyyy

maklum diBulgaria sendiri saya tidak mendapati ketela,dan saya menggantinya dgn pemakaian tepung kanji yg sama2 terbuat dari ketela

dan ini dia resep lentho dgn pemakaian ketela:

lentho by nisa tsvetkova

Bahan:

1/2 Kg ketela, kupas.

25 gram taoge kedelai dan 25 gr tolo(kedelai merah),direndam semalaman,biar merekah dan rebus hingga empuk dan tiriskan (tapi saya menggunakan kedelai,karana stok nggk ada dan saking kepinginnya)
3 sdm kelapa parut.
1 sdt lengkuas parut.
Minyak goreng.

Bumbu yg dihaluskan:
4 butir bawang merah dan saya ganti 1/2 bagian bawang bombay merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai rawit,sesuai selera jika ingin agak pedas bisa dilebihi
1 sdt garam.
3 sdm tempe semangit (tempe yang dibusukkan/ disimpan berhari-hari)

Cara membuat:
-Parut ketela
-Campurkan ketela  parut dengan kelapa parut, taoge kedelai dan tolo/kedelai, lengkuas parut, serta bumbu halus.
-Cicipi rasanya, kalau sudah pas, ambil 2-3 sdm adonan, bentuk bulat pipih (seperti perkedel),
-Goreng dengan minyak panas hingga matang kecoklatan,
-angkat dan Sajikan

Note saya: dalam pembuatan lentho yg saya buat ,karena di bulgaria tidak ada ketela,saya skip dan saya ganti dgn memperbanyak pemakaian tepung kanji,yg sama2 terbuat dari ketela. Jika teman2 kesulitan untuk menemukan ketela ada baiknya tips ini bisa dicoba,sebagai pengobat rindu dlm membuat lentho dan jujur dalam pembuatan nya saya tidak menggunakan tempe semangit,karena tidak punya (blom bikin tempe) tapi rahasia dan ciri khasnya lentho sendiri terletak pada ketela ,aroma lengkuas dan tempe semangit nya🙂

lentho by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA🙂

Tinggalkan Balasan

