Pai Buah

Pai Buah by nisa tsvetkova

 

Ceritanya lg blajar bikin Pai Buah,,,ini kali pertama saya membuat Pai Buah, sebenarnya saya agak takut untuk membuat kue kering dan kue yg di oven di musim dingin ini,karena oven yg saya gunakan oven lama dan tidak ada pengaturan suhu dan waktu, waktu diidupin langsung panas bgt dan memakai api atas saja, pernah suatu ketika saya ingin membuat marmer cake,adonan kue marmer permukaanya langsung gosong dan tengahnya masih mentah,,,kapok-kapok pakai oven milik mertua😦

pai buah by nisa tsvetkova

musim summer,musim yg kutunggu2 karna bisa melakukan aktivitas memasak diteras rumah serta oven kecil  milik saya pribadi bisa saya gunakan kembali,Syukur Alhamdulillah punya oven 2,jadi masaknya serba gampang

Kebetulan saat memasak kulit pai ini,saya menggunakan oven milik mertua karena tekstur kulit pai kering dan tipis jadi mudah masaknya dan cepat/anti gagal

pai buah by nisa tsvetkova

Resep ini saya dapat dari NCC,resep ditulis oleh mbx Fatmah Bahalwan, Terimakasih mbx atas informasinya, saya banyak blajar dari mbx lo ^_^

untuk resep asli bisa di lihat di sini http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=170

sebagai tambahan, vla yg saya buat ini saya tambahi extrak lemon, dan rasanya segerrrr

pai buah by nisa tsvetkova

 

agar bisa mudah,saya copykn dr aslinya.ini dia resep pai buah yg saya buat SELAMAT MENCOBA🙂

Bahan kulit Pie:
250 gr  tepung terigu, serba guna
1/2 sdt  garam
125 gr  mentega 
5 sdm   air es

Bahan Vla :
500 cc  susu
100 gr  gula kaster
5 btr     kuning telur
30 gr    tepung maizena
1 sdm   mentega 
1 sdt     vanilli extract

Bahan Topping :

  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.

Bahan Siraman:
1 sdt    agar-agar putih
100 cc    air
1 sdt    gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara membuat :

  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.

Vla :

  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:

  • Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.
 by: FAtmah Bahalwan

pai buah by nisa tsvetkova

2 pemikiran pada “Pai Buah

Tinggalkan Balasan

