супа лапад с ориз / Dock Soup

супа лапад с ориз / Dock Soup by nisa tsvetkovaMemasuki musim semi ini, di Bulgaria bnyak ditemui daun Lapad/kelembak kalo nggk salah bhs indonesianya tapi bentuknya lain seperti Bayam tapi agak panjang, bisa dilihat di sepanjang jalan besar banyak orang tua/nenek2 menjualkan hasil berkebunya dan harganyapun relatif murah banget kalo pas panen-panennya. Kemaren pas jalan2 di center mampir pasar, mau  cari daun kemangi buat lalapan,,,ehhh ternyata belum waktunya, eeeh diseberang jalan pasar saya liat ada ibu2 menyendiri menjualkan sayurannya, tapi teryata muraah bgt bisa ditawar lagi,rencana beli jeruk mandarin yg dia jual per kilonya hanya 1 lv,,,,eeeehhh dia nawarin juga daun lapad, dan kebetulan cuma tinggal 3 ikat. terjadilah tawar menawar,,,,yg seharusnya 1 ikat dihargai 0.50 ctutingki menjadi 1 ikat hanya 0.20 ctutingki,,,,horeeeeee!!!! kalo urusan tawar-menawar suamiku jagonyaaaa,,ha,,ha,,ha,,,ha,,,, lawong nggk di bulgaria aja,di pasar songgo langit aja lo belanja,,suamiku itu nawarrrrr wkwkwkwkkwkkw,,ampun dech

Bagi yg belum tau sup lapad, ini merupakan menu traditionalnya orang bulgaria loo,,rasanyapun manteppp, seperti bobor bayam yg memiliki sama kandungan zat besi yg sangat tinggi seperti daun bayam. dan soup ini biasa disajikan bersam yougurt atou telur rebusss jan mantap jaya,,,kalo saya cara mengkonsumsinya cukup dgn sesendok sambel tomat aja,,,,huuuuh hahh rasanya

Untuk cara pembuatanya, teman-teman senasip dan sepenanggungan dimanapun berada, bisa lihat di bawah ini🙂
супа лапад с ориз / Dock Soup

Bahan:
3 ikat daun lapad/ dock leaves
1 bh bawang bombay rajang halus
1 ikat daun bawang , iris kecil
1 bh tomat rajang kotak-kotak kecil
1/2 cangkir beras
garam
merica
penyedap secukupnya
5 sdm minyak buat menumis
1 ltr air/ lebih

Bahan campuran soup:
1 gelas yougurt
1 telur

Cara:
-Panaskan minyak goreng dalam panci besar, dan tumis bawang bombay hingga layu,
-Masukkan daun lapad / dock leaves dan daun bawang hingga layu kemudian masukkan air
-Masukkan beras,garam,merica serta penyedap bila diperlukan hingga beras benar2 matang
-Kecilkan api, dalam wadah tesendiri kocok rata bahan campuran soup yakni telur dan yougurt, ambil beberapa sendok kuah soup yg mendidih tsb dan masukkan ke dalam yougurt tsb dan kocok hingga rata
-Yg perlu diperhatikan di bagian akhir ini,saat mencampurkan yougurt ke soup, usahakn tangan kanan terus mengaduk sup lapad dan tangan kiri menuangkan campuran yougurt ke dalam panci tsb berlahan-lahan. dgn mengaduk-aduk diharapkan campuran telur tidak menggumpal
-Matikan api, angkat dan sajikan

SELAMAT MENCOBA🙂

Paling enak sop lapad disajikan bersama yougurt

5 pemikiran pada “супа лапад с ориз / Dock Soup

  1. itu daun apa ya mba?
    aku search di google pakai bahasa Indonesia, malah keluar daun tanaman hias *lupa namanya*😀
    tapi kalau di kata kunci pakai nama dock leaves , baru keluar. diliat liat seperti tanaman hias ya mba😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s