MARTABAK TELUR MINI SPESIAL

MARTABAK TELUR MINI SPESIALMARTABAK TELUR SPESIAL by nisa tsvetkova

Jangan salah  sangka ya teman-teman, walau bentuk dan isi nya tidak se spesial yg  dibayangkan tapi spesialnya ini karena kulitnya sebenarnya, sengaja saya membuat sendiri dan caranya lain dari pada yg lain
Jika pada umumnya  cara pembuatan kulit martabak dgn merendam dalam minyak yg banyak sebelum digunakan, lain halnya dgn saya ,,,saya langsung tancap gas membuatnya
Dan ada yg spesial lagi dari martabak ini,,,,gara-gara martabak ini saya batal puasa kemaren itu, Astagfirulloh😀 ,,jadi setengah hari puasanya deh ,,hi,,hi,,hi,,(nggigit daster)
Ceritanya begini, sore itu saya bikin martabak telur buat buka puasa,,,karena ada sisa 4 bh,maka saya simpan dalam lemari es buat menu buka di esok harinya,,,besoknya di siang bolong,,,saya nyiapin makan siang anak,,eehhh ank saya minta martabak yg kemaren katanya enak,,,,”ok deh cuma satu “(batinku),,,eeehhh malah mau lagi dan lagi,saya bilang ke anakku,”sisain buat ibu satu”,,,,,sambil saya tinggal nyuci,,,,eeehhh kok dalam hati kwatir habisss dan aromanya masih terngiang2 di pikiranku…,akhirnya ,,,”tunggu nak ibu juga mau makan bersamamu”,,,ha,,ha,,ha,,ha,,,Astagfirulloh ,,hanya gara2 martabak telur,,,,ooohhhh,,setan betul
jadi meringis sendiri jika teringat-ingat.:D (jagan dicontoh lo yaaa)MARTABAK TELUR SPESIAL by nisa tsvetkova

Bahan kulit:
250 gr tepung terigu
1/2 std baking powder (optional),pemakaian ini agar lebih krispy
4 sdm minyak sayur
125 ml air matang
1/2 sdt garam

Cara membuat kulit:
-Campur menjadi satu tepung trigu, baking powder dan garam, masukkan minyak aduk hingga tidak menggumpal dan beri air sedikit demi sedikit , Uleni sampai menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket di tangan
-Bagi adonan menjadi 10 bagian.
(Adonan yg saya praktekkan ini tidak saya rendam ke dalam minyak banyak,akan tetapi langsung saya gunakan. Berhubung saya tidak pandai membuat kulit martabak yg tipiiiiis bgt dgn melempar-lempar ke udara, saya menggunakan roller pin, dgn menggiling tipis)
-Agar lebih yakin saat kulit martabak tidak membuka saat digoreng ,saya menggunakan bahan perekat
Bahan perekat: terdiri dari larutan tepung yg dilarutkan kedalam sedikit air
-Bahan perekat digunakan saat melipat bagian akhirMARTABAK TELUR SPESIAL by nisa tsvetkova

Bahan pembuat isian:
4 butir telur ayam,Kocok rata
4 batang daun bawang, iris halus
1 bh wortel serut kasar
1 bh bawang bombay, cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt bumbu curry bubuk
garam dan penyedap secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara membuat isian:
-Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan wortel hingga harum dan layu. Masukkan Telur kocok dan Tambahkan merica bubuk, bumbu curry, dan garam. masak hingga telur menggumpal dan matang. dan terakhir masukkan rajangan daun bawang,aduk rata sebentar dan angkat

Penyelesaian:
– Ambil selembar demi selembar kulit Martabak yg telah digiling tipis dan isi sekitar 2 sdm bahan isi dan lipat segi empat seperti melipat amplop,rekat ujungnya dgn perekat ,begitu seterusnya sampai semua kulit terpakai
-dan Goreng dalam minyak banyak hingga matang
-Angkat dan sajikanMARTABAK TELUR SPESIAL by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA🙂

10 pemikiran pada “MARTABAK TELUR MINI SPESIAL

  1. dear Nisa walau telat, boleh ya saya ngucapin selamat Idul Fitri untukmu sekeluarga🙂 . Resep martabaknya saya catat dulu, senang deh ada resep kulitnya juga, jadi ga perlu susah cari kulitnya😀 .

    • maaf lahir batin juga mbx,,,maafkan saya jika saya salah kata,salah resep dll😀 ,,, semoga berhasil dan berkenan mbx, monggo dicoba🙂

    • Bunda Muna,,,,(Peluk eraaaaaaaat) ,,kabar baiiik mbx,alhamdulillah,,,maaf lahir batiiin y mbx,,,,,maaaf saya juga jarang mampir,,suuuuuiiiibuknya bukan main jadi Ibu RT,pas anak2 pada libur musim panas,,sibuk ngawasi lan sembarang kalire mbx😦😀,,,,,monggo dibikin mbx,,,guaaampil,salam kagem kluarga nggih mbx

      • Sama2 yaa mb Nisa.. maaf lahir batin jg yaa🙂
        Iya gpp mbak, klo saya mampir sini bkn berarti mb Nisa hrs mampir balik kok🙂
        Wa’alaikumsalam dr kami sekeluarga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s