BaTaGor (Baso Tahu Goreng)

Batagor by nisa tsvetkovaSaking ngiritnya,,,tahu pemberian mbx Elis kemaren lalu masih seger buger di lemari es, Alhamdulillah,,,akhirnya jadi Batagor deeeh, capcusss ciiin ,,,ha,,ha,,ha,,,
Buat teman2 yg ada di Bulgaria, yg pingin bikin Batagor,,,,saya pilih ikan Tenggiri yg dalam bhs Bulgarianya  adalah ” Riba Safrid”, ikannya enak sekali,,,,yg saya gunakan adalah filled nya/ bagian daging tanpa kulit, coba dehhh,,maknyusss pokonya
Untuk Resepnya ada disini:

BaTaGor (Baso Tahu Goreng)

Batagor by nisa tsevtkovaBahan:
2 buah tahu putih besar, belah menjadi 2 bagian dan potong diagonal (membetuk segitiga)
10 lbr kulit pangsit (resep:https://putriwarok.wordpress.com/2013/01/01/pangsit-goreng/ )
200 gr , fillet ikan tenggiri ,cincang
50 gr daging udang cincang, cincang
1 butir telur
8 sendok makan tepung kanji
2 sendok makan minyak wijen
1 batang daun bawang, dirajang halus
4 bh bawang putih
1/4 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
air matang secukupnya

Cara membuat adonan baso:
– Mixer halus, fillet ikan tenggiri, udang cincang, bawang putih, daun bawang, telur,tepung kanji, minyak wijen, garam, merica dan air matang, bentuk menjadi adonan yg tidak encer

Cara mengisi batagor:
-Buat lubang di bagian bawah tahu segitiga tadi untuk diisikan adonan baso secukupnya dan kukus hingga baso matang
-Setelah baso matang, celupkan baso tahu dalam larutan tepung dan goreng hingga matang
-Untuk pangsit, ambil 2 sdt adonan baso, letakkan di tengah – tengah pangsit. Lalu lipat ke-empat ujung pangsit hingga setiap ujung bertemu, goreng hingga kuning kecoklatan

Batagor by nisa tsvetkovaBahan saus kacang :
2 sdm butter peanuts
sejumput garam
penyedap secukunya
1 sdt  minced chilli kering/ cabe cincang kering
1/2 cup gelas blimbing air matang

Cara membuat saus kacang :
-Didihkah air, masukkan cabe cincang kering, garam dan penyedap, aduk hingga rata
-Masukkan  2 sdm butter peanuts dan aduk terus (jgn ditinggalkan karena bisa gosong dibagian bawahnya) dan aduk hingga mengental. angkat

batagor by nisa tsvetkovaCara penyajian :
-Potong BaTaGor ( Baso Tahu Greng) dan pangsit menjadi 2 bagian.
-Sajikan dalam piring saji dan Siram dengan saus kacang yang hangat diatasnya
-Tambahkan kecap manis atau sauas sambal dan taruh irisan jeruk nipis diatasnya
BaTaGor (Baso Tahu Goreng) siap di santap.

Batagor by nisa tsvetkovaSELAMAT MENCOBA🙂

5 pemikiran pada “BaTaGor (Baso Tahu Goreng)

    • sama-sama mbx,kebetulan tahu saya sedikit,tahu tsb saya belah nggk terlalu tebel,pertama saya coba lubangi dgn sendok pecah,,,,akhirnya saya lubangi dgn pisau saja dan saya isi sebisanya,saja,,,sampai bagian tahu yg pecah tadi atasnya juga saya kasih adonan baso sedikit ,,,saya tumpuk saja,terus saya kukus mbx😀,,,jika tahu yg mbx pakai tebal bisa dikerok/melubanginya dgn sendok,tergantung ketebalan tahu yg dipakai mbx

  1. OMG ini langsung saya save ya,Mr Big baru kenalan yang namanya Batagor dan Siaomay minggu ini dan dia suka sampai dia bawa piring ke teras nungguin bang siomay dan bang batagor lewat…wah panjang juga ya caranya hahah kalo saya karena ada yang lewat untuk sementara beli aja tapi nti sy mau coba deh kalo ada long week end … jadi lapar lihatnya nih🙂 baru lihat aja udah kelihatan enak…….

Tinggalkan Balasan

