Cinnamon Bread / Roti kayu Manis

Cinnamon Bread / Roti kayu Manis by nisa tsvetkovaKali ini mertua punya stok bubuk kayu manis di rumah, Alhamdulillah saya dikasih 1 bungkus,,hi,,,hi,,hi,,rejeki nggak kemana.
Sebenarnya kayu manis dari mertua itu untuk obat darah tingginya, karena dokter dari mertua menyarankan setiap hari untuk mengkonsumsi yougurt yg dicampur bubuk kayu manis,,maka dari itu mertua tak henti-hentinya menyetok bubuk kayu manis,saking kebanyakan,,maka di kasihkan ke aku,,,lumayan buat bikin “Cinnamon Bread”
Dan sebagai gantinya saya membagi Roti ini pada beliau, karena dari sekian bahan saya mendapatkan 2 bh “Cinnamon Bread” karena saya menggunakan loyang yg ukuran kecil bisa dibilang

Bahan:
480 gr Tepung trigu, ayak
40 gr susu bubuk
50 gr gula pasir
1 bh telur ayam
11 gr Ragi bubuk
1 1/2 sdt garam
3 sdm minyak sayur
300 ml air hangat

bahan Isian:
2 sdm bubuk kayu manis + 2 sdm gula pasir, campur menjadi satu
2 sdm mentega yg tlah dicairkan sbg olesanCinnamon Bread / Roti kayu Manis by nisa tsvetkova

Cara:
-Dalam wadah besar, masukkan tepung trigu, susus bubuk, ragi bubuk,gula pasir dan garam,aduk rata
-Lalu buat lubang ditengah tepung, masukkan telur dan minyak sayur, lalu kocok rata dgn bantuan sendok makan.
-Kemudian tambahkan air secara bertahap, sambil menguleni dgn bantuan tangan hingga menjadi adonan yg kalis dan tidak lengket ditangan (uleni samapai 3-4 mnt hingga benar2 kalis)
-Bentuk bulat adonan dan taruh dalam wadah dan diamkan dalam suhu ruang yg hangat (kalo saya biasa saya simpan di dalam oven), diamkan hingga mengembang 2x lipatnya, kurang lebih 1 jam/ lebih
-Setelah adonan mengembang, taburi meja kerja dgn tepung trigu dan bagi adonan menjadi dua ( jika anda mempunyai loyang persegi panjang khusus untuk nge bake roti tawar, resep ini cukup untuk 1x saja, sedangkan loyang yg saya pakai adalah loyang persegi panjang untuk membikin cake untuk itu adonan saya bagi menjadi 2 bagian dan nantinya akan didapat 2 bh ” Cinnamon Bread”)
-Giling adonan menyerupai segi empat, dgn ketebalan adonan 1/2 ruas jari tidak terlalu tebal maupun tipis
-Dgn bantuan kuas, olesi bagian atas adonan dgn mentega cair setelah itu taburi bagian atas dgn campuran bubuk kayu manis dan gula pasir secara merata. Lalu gulung adonan memanjang
-Taruh adonan ke dalam loyang yg tlah dialasi kertas roti dan margarin di bagian dinding loyang,jagn lupa olesi bagian atasnya adonan dgn sisa margarin cair dgn bantuan kuas dan diamkan kembali hingga 1 jam/lebih hingga mengembang kembali
-Setelah mengembang, masak dalam oven selama 25-30 mnt pada suhu 160*C
-setelah benar2 matang, angkat dan dinginkan

NB :
-Jika adonan roti tidak bisa mengembang, maka roti tersebut bisa dianggap gagal dan agar ragi bisa aktif,gunakan air/susu yg benar2 hangat saat menguleni,dan setelah menjadi adonan harus didiamkan dalam suhu ruang yg hangat agar ragi bisa bekerja.
-Jika roti tersebut dibagian atasnya mengalami kematangan cepat/berubah warna dgn cepatnya, maka tutup bagian atasnya dgn aluminium foil agar kematangannya rata/tidak menyebabkan kegosongan di bagian atas roti nantinya.
-Dan jagn lupa, pelajari kematangan roti dgn bantuan tusuk gigi atau lidi, jika saat ditusuk hasilnya pada lidi kering maka roti tsb dalamnya telah matang jika sebaliknya maka masaknya kudu diterusin,agar dalamnya matang.Cinnamon Bread / Roti kayu Manis by nisa tsvetkova

SELAMAT MENCOBA🙂

16 pemikiran pada “Cinnamon Bread / Roti kayu Manis

    • adonan nya kalo sudah mengembang di giling dgn bentuk segi empat, lau atasnya olesi mentega cair lalu taburi atasnya adonan dgn bubuk kayu manis yg tlah campur dgn gula pasir,hingga merata dan adonan digulung memanjang,,,lalu taruh dlm loyang dan diamkan sekali lg hingga mengembang, lalu masuk oven deh kalo sudah mengembang

  1. Halo Mbak Nisa salam kenal, aduh aku suka ngiler tiap liat postingan terbaru Mbak, apalagi pas ngelihat roti ini karena aku pecinta roti hehehe. Mbak ini rotinya ngulen sendiri berarti ya atau pake mixer atau malah pake breadmaker ya Mbak?

    • Setelah dibaca lagi ternyata diulen pake tangan ya Mbak *ketahuan bacanya nggak fokus karena lebih fokus liat foto rotinya hehehe* Btw mau nanya Mbak kalo bikin adonan roti kayak gini kadang hasil rotinya bisa lembuuut bener kadang bisa agak keras itu kira-kira kenapa ya Mbak?

      • salam kenal kembali mbx Arini,,bikin roti sebenarnya kudu telaten bangettt, roti bisa lembut karena proses pengembangan berhasil jika tidak malah sebaliknya,akan padat dan keras
        agar mendapatkan bentuk roti yg maksimal saya diamkan adonan 2x,
        pertama; saat setelah menguleni, hingga mengembang 2x nya, proses ini membutuhkn waktu -/+ 1 jam/ bisa lebih
        yg kedua: setelah didisi filling dan dibentuk dan masuk loyang, sebelum di panggang dlm oven terlebih dahulu di istirahatkan kembali hingga mengembang lagi, waktu yg dibutuhkn juga sama 1 jam/lebih
        Tempat untuk mengistirahatkan roti juga berpengaruh, jangan lupa taruh adonan roti dalam suhu ruang yg hangat maka ragi akan bekerja cepat dan akan mengembang sempurna
        bisa diletakkan dalm oven dgn menyalakan lampu saja, ataou di dlm ruangan tertutup dgn menutup wadah adonan dgn kain bersih
        itu kurang lebihnya yg saya pelajari saat membuat roti mbx, semoga bermanfaat

      • Siiip Mbak, mantep banget nih tipsnya, walo ntah kapan nih bakal langsung dipraktekkan, soalnya lebih besar rasa malasnya nih, udah ciut duluan nyali ngebayangin pegelnya ngulen gitu, hahaha

  2. Hanya bisa meneteskan air lieur. Haha…

    Sempat mikir pas lihat motif spiral di rotinya. Setelah baca resep, ternyata bisa ya, sebelum adonan digulung memanjang bubuk cinnamonnya dikuas. Cakep mbak… dan rasanya pasti mantep!

    Salam kenal mbak Nisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s