Sup Ikan

Sup Ikan by nisa tsvetkova
Suami dan mertua paling keranjingan makan Sup Ikan, mereka suka pakai bangeeeeeeeeeeeeeet !!!!
Alhamdulillah rejeki kali ini berpihak  pada suami saya, tetangga sekaligus teman suami punya kolam ikan besar didesanya,,,alih2 punya hobi mancing sekaligus jualan,,,,saking hari itu dapetnya buanyak, suami beli 1,gedeeeeee lagi dapetnya 4 kiloan, untuk kami perkilonya mereka jual seharga 2,50 lv dan itupun kami dapat ikan 1 lagi cuma2 alias gratis, gedenya sama,,,jadi suami beli satu dapet bonus satu lagi,,ihiiiiiiiiiirrrrr,,,lumayan bisa disimpan di freezer satunya😀
Panjang ikannya sendiri sekitar panjang lengan saya loooo,,,ho’oh,,,bisa dibayangkan loyang terbesar yg kami punya buat manggang dirumah aja, nggk muat,,,akhirnya apa dikata, bagian kepala dan sedikit bagian ekornya harus dipotong dan  dibuang sia-sia.
Ini dia ikanya, ikan air tawar:
Sup Ikan by nisa tsvetkova
Kalau untuk saya tidak ada yg sia-siakan,,,,akhirnya timbul ide bikin sup dari bagian kepala dan ekor ikan tersebut.
Jujur,,suami saya makanya nambah2,padahal udah di bakarin ikan malah milihnya sup ikan.
Mau coba sup ikan saya, monggo:

Sup Ikan

Bahan:
1 bh kepala ikan dan 1 bagian ekor ikan
2 ltr air
2 bh wortel, kuliti potong dadu kecil
3 bh kentang, kuliti dan potong dadu
1 bh tomat, potong tipis melintang
1 bh bawang bombay rajang kecil-kecil
3 bh bawang putih geprek,dan cincang halus
1/2 sdt merica hitam bubuk
1/2 sdt kayu manis bubuk
3 buah cengkeh
1 sdt garam
1 sdt “Devesil” dlm bhs bulgarianya /”lovage” kering ( bumbu dapur ini sangat cocok sekali buat sup/yg berkuah, herb nya sendiri masih 1 familia dgn daun seledri)
1 jumput “cubritsa” / savory
3 biji bahar / Allspice, jika teman2 tidak punya bisa diganti dgn 1 bh daun salam, karena biji bahar sendiri adalah bukan bunga/biji dari pohon salam sendiri dan memiliki aroma kuat,sangat cocok buat sup ,dll.
1 genggam daun parsley, rajang halus, saya ambil sebagian saja
5 sdm minyak sayur buat menumis

Cara:
-Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan kepala ikan serta bagian ekor kedalam panci, masak hingga daging ikan setengah matang dan empuk, jangan lupa saring kotoran hasil rebusan ikan tadi dgn bantuan saringan dapur, angkat dan sisihkan kaldu nya.
-Ambil kepala ikan dan bagian ekor ikan yg tlah di rebus tadi dan pisahkan dgn tulang, dan ambil bagian daging nya saja dan potong kecil-kecil, sisihkan
-Tuang minyak sayur dalam panci besar, tumis bawang bombay hingga layu dan kemudian masukkan bawang putih, bahar/daun salam, cengkeh,devesil dan cubritsa/savory,masak hingga keluar aroma nya
-Tambahkan kentang dan wortel,aduk selama 1 menit kemudian tuang kaldu yg tlah disaring tadi bersama bubuk kayu manis dan masak hingga sayur matang
-Lalu masukkan daging ikan, irisan tomat dan daun parsley kedalam nya, masak hingga daging tomat layu dan daging ikan benar2 matang
-Jangan lupa tambahkan garam,merica secukupnya, icipi rasanya jika kurang asin bisa tambahkan garam/penyedap jika suka.
-Angkat dan sajikan.

SELAMAT MENCOBA🙂

13 pemikiran pada “Sup Ikan

    • setiap ikan selalu berbau amis, kalo dicuci dgn baik dan di beri perasan air lemon,bau amis pasti ilang/ tidak anyir lagi,,tapi kalo dimasak untuk sup malah bau ikanya itu yg khas/bukan bau amis
      ikan juga enak dipanggang di oven,untuk menghilangkan bau nya sendiri cukup dipanggang dgn irisan jeruk lemon/jeruk manis,rasanya malah nikmat bau amis pun lenyap,tapi yg ada cuma bau khas ikan/daging ikan
      monggo dicoba mbx😀 ha,,ha,,ha,,

  1. Aaaah aku suka banget sup ikan mbak, apalagi kalo yg disup ikan kakap yg bagian badannya difillet trus dipotong kecil-kecil, hmmm jd ngences deh hihihi. Btw kadang klo udah dikasih perasan jeruk nipis kok msh amis ya mbak, jd kmrn pernah sekali bikin sup akhirnya kutambahin serai ma daun jeruk aja biar ga gitu amis (btw ini asli ngasal soalnya kebetulan itu ada di rumah wkwkwk), tp msh berasa dikit sih. Gara2 itu jdnya nggak pernah bikin sendiri lg deh.😆

    • miss u too mbx😀 bunda muna apa kabarnya, semoga sehat selalu,,,amin,,,matur suuwun mbx,moga2 saja bermanfaat ,,,matur suwuun,,mugo2 duwe rejeki akeh ngge tuku kamera sing gedi iku mbx,,pengen jane😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s